Powered by Blogger.
RSS

Info dari BKKBN

JAKARTA (KRjogja.com) - Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia setelah China, India, Amerika Serikat. Dengan laju pertumbuhan penduduk 1,49% setiap tahun, bila saat ini jumlah penduduk di Indonesia 240 juta jiwa, diperkirakan terjadi penambahan 10.000 bayi lahir setiap hari. Demikian disampaikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal di Jakarta, Rabu (19/06/2013).

Laju pertumbuhan penduduk Indonesia yang tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia tentu cukup mengkhawatirkan. Saat ini angka rata-rata lama sekolah (years of schooling) penduduk Indonesia adalah 5,9 tahun. Itu artinya kalau dirata-rata penduduk Indonesia hanya mengenyam pendidikan sampai sekolah dasar.

Masalah kependudukan di Indonesia masih diperumit dengan berbagai problem sosial kemasyarakatan yang cukup serius. Kecenderungan menikah di usia muda, memiliki anak ketika usia belum mencukupi, atau gaya hidup sex bebas yang banyak menggejala di masyarakat perkotaan jelas menjadi persoalan serius yang harus dihadapi bersama.


Alhasil, masalah kependudukan merupakan masalah serius yang harus dihadapi semua pihak bersama-sama. Masalah kependudukan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

Dalam rangka mengajak partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas penduduk Indonesia sekaligus bersama-sama mengurai problematika kependudukan, BKKBN terus bekerja sama dengan berbagai kalangan guna menyampaikan pesan secara benar terkait laju pertumbuhan penduduk. Diharapkan dengan banyak menggandeng berbagai organisasi dan lembaga, pesan untuk menekan laju pertumbuhan pendudukan bisa tercapai secara optimal.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...